DOA Malaikat

Sebuah email misterius aku dapatkan beberapa waktu lalu. Kenapa misterius? Karena tak ada nama pengirim dalam email yang membuatku seperti mendapat pengetahuan baru. anehnya, setiap aku delete, selalu saja muncul email serupa. Tanpa nama pengirim dengan pesan yang berbeda.

Tapi tak apa, toh itu bukan bulk mail. Beberapa diantaranya toh berisi pengetahuan yang kadang tak aku ketahui sebelumnya. Terutama tentang agama, yang ironisnya tak pernah aku berniat mengetahui sebelumnya.

***

DOA MALAIKAT JIBRIL PADA BULAN RAMADHAN

Ketika Rasullullah sedang berhotbah pada suatu Sholat Jum’at (dalam bulan Sya’ban), beliau mengatakan Aamin sampai tiga kali, dan para sahabat begitu mendengar Rasullullah mengatakan Aamin, terkejut dan spontan mereka ikut mengatakan Aamin.

Tapi para sahabat bingung, kenapa Rasullullah berkata Aamin sampai tiga kali. Ketika selesai sholat Jum’at, para sahabat bertanya kepada Rasullullah,kemudian beliau menjelaskan: “ketika aku sedang berhotbah, datanglah Malaikat Jibril dan berbisik, hai Rasullullah aamin-kan do’a ku ini,” jawab Rasullullah.

Do’a Malaikat Zibril itu adalah sbb:

” Ya Allah tolong abaikan puasa ummat Muhammad, apabila sebelum memasuki bulan Ramadhan dia tidak melakukan hal-hal yang berikut:

Tidak memohon maaf terlebih dahulu kepada kedua orang tuanya (jika masih ada);
Tidak berma’afan terlebih dahulu antara suami istri;
Tidak berma’afan terlebih dahulu dengan orang-orang sekitarnya.
Maka Rasulullahpun mengatakan Aamin sebanyak 3 kali.

Dapat kita bayangkan, yang berdo’a adalah Malaikat dan yang meng-aminkan adalah Rasullullah dan para sahabat, dan dilakukan pada hari Jum’at.

***

Untunglah, lebaran kemarin, apa yang termuat dalam email tanpa pengirim tersebut sudah aku lakukan jauh sebelum akau terima email itu. Usai sholat Ied, Aku bersimpuh di kaki kedua orang tuaku. Ada air mata pagi itu. Lalu, beberapa kerabat, dan memutar kampung meminta keiklasan maaf, dan membuka maaf. Tentunya, sebelum ramadhan tiba, kata maaf itu sudah terburu keluar. Meski tanpa keluar air mata. Hanya dada yang bergetar.